Gambar Peta Bali

Informasi Gambar:

(ads1)

Peta Bali lengkap dengan nama kabupaten dan kota

Peta Bali komplet bernama kabupaten dan kota - Bali sebagai salah satunya dari 34 propinsi di Indonesia yang mempunyai tempat rekreasi yang populer di dunia. Tiap tahunnya beberapa ratus bahkan juga beberapa ribu pelancong luar negeri ke sana untuk menyaksikan keelokan yang berada di Pulau Dewata ini. Beragam tempat rekreasi ciri khas dimulai dari pantai, bangunan pura, dan seni tradisionil Bali membuat beberapa pelancong luar negeri mengaguminya.

Hampir sama dengan propinsi yang lain, walau Pulau Bali relatif kecil, tetapi simpan banyak riwayat yang pantas dicatat bangsa Indonesia. Pada jaman kerajaan, Bali pernah berdiri sebuah kerajaan yang namanya Kerajaan Bali.

gambar peta bali gambar peta pulau bali gambar peta bali lengkap gambar peta balikpapan foto peta bali gambar peta bali dan nusa tenggara gambar peta bali beserta komponennya gambar peta bali banyuwangi gambar peta balikpapan samarinda gambar peta bali hd

Kelompok Peta Bali

Peta Kabupaten dan kota di Bali

Riwayat Pulau Bali

Kesenian Tari Bali

  • Tari Pendet
  • Tari Panji Semirang
  • Tari Cenderung
  • Tari Kecak

Gamelan Bali

Adat Kebudayaan Bali

  • Pernikahan
  • Upacara Potong Gigi
  • Upacara Kematian

Jumlah Warga Bali 2018

Peta Bali komplet bernama kabupaten dan kota - Bali sebagai salah satunya dari 34 propinsi di Indonesia yang mempunyai tempat rekreasi yang populer di dunia. Tiap tahunnya beberapa ratus bahkan juga beberapa ribu pelancong luar negeri ke sana untuk menyaksikan keelokan yang berada di Pulau Dewata ini. Beragam tempat rekreasi ciri khas dimulai dari pantai, bangunan pura, dan seni tradisionil Bali membuat beberapa pelancong luar negeri mengaguminya.

Hampir sama dengan propinsi yang lain, walau Pulau Bali relatif kecil, tetapi simpan banyak riwayat yang pantas dicatat bangsa Indonesia. Pada jaman kerajaan, Bali pernah berdiri sebuah kerajaan yang namanya Kerajaan Bali.

Walau tidak demikian terkenal seperti kerajaan-kerajaan besar nusantara yang terkenal seperti Majapahit misalkan, Kerajaan Bali tinggalkan beragam situs riwayat seperti candi.

Di jaman kemerdekaan, rakyat Bali pantas dapat acungan jempol atas semangatnya merampas dan menjaga kemerdekaan Republik Indonesia. Di bawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai, rakyat Bali berperang mati-matian menantang penjajah. Pertarungan tersebut terang terpikir di jiwa rakyat Indonesia, yang populer dengan pertarungan Puputan Margarana.

Kelompok Peta Bali

Seperti sudah disentil di atas, propinsi Bali sebuah pulau yang relatif kecil. Pulau Bali di samping barat bersebelahan dengan Selat Bali yang disebut tatap muka di antara Bali dan Jawa Timur. Sisi utara bersebelahan dengan Laut Bali, samping timur bersebelahan dengan Selat Lombok, dan sisi selatan bersebelahan dengan Samudera Indonesia.

Bila anda cuma menyaksikan peta Bali berikut ini, saya percaya tidak terang untuk menyaksikan beberapa nama kota, pantai atau beberapa tempat rekreasi yang berada di sana. Karena itu, supaya anda bisa menyaksikannya dengan detail, silakan click gambar peta Bali berikut ini dan taruh di computer anda.

Batasan Daerah Bali

Utara: Laut Bali

Selatan: Samudera Hindia

Barat: Selat Bali, Jawa Timur

Timur: Selat Lombok, Nusa Tenggara Barat

Peta Regional

Peta Propinsi

Peta Indonesia

Peta Interaktif propinsi

Peta interaktif cuma akan dijangkau dengan prima memakai PC/Netbook. Untuk menyaksikan peta semua propinsi dan terletak, silakan ke arah: Peta interaktif Indonesia

Peta Kabupaten dan kota di Bali

Karena daerahnya yang sempit, karena itu pembagian daerah kabupaten dan kota propinsi Bali cuma sedikit saja, yakni 8 kabupaten dan 2 kota saja. Untuk lengkapi pengetahuan kita berkenaan Propinsi Bali, silakan turuti link peta berikut ini:

No.Kabupaten/kotaPusat pemerintahanBupati/wali kotaLuas wilayah (km2)Jumlah penduduk (2017)KecamatanKelurahan/desaLambang

Peta lokasi
1Kabupaten BadungMangupuraI Nyoman Giri Prasta418,62468.346616/46
Lambang Kabupaten Badung.png
Location Badung Regency.png
2Kabupaten BangliBangliSang Nyoman Sedana Arta490,71264.94544/68
Lambang Kab Bangli.png
Location Bangli Regency.png
3Kabupaten BulelengSingarajaPutu Agus Suradnyana1.364,73814.356919/129
Lambang Kabupaten Buleleng.png
Location Buleleng Regency.png
4Kabupaten GianyarGianyarI Made Agus Mahayastra368,00492.75776/64
Lambang Kab Gianyar.png
Location Gianyar Regency.png
5Kabupaten JembranaNegaraI Nengah Tamba841,80323.211510/41
Lambang Kab Jembrana.png
Location Jembrana Regency.png
6Kabupaten KarangasemAmlapuraI Gede Dana839,54545.38983/75
Lambang Kabupaten Karangasem.png
Locator Karangasem Regency.png
7Kabupaten KlungkungSemarapuraI Nyoman Suwirta315,00215.85246/53
Lambang Kabupaten Klungkung.png
Location Klungkung Regency.png
8Kabupaten TabananTabananI Komang Gede Sanjaya1.013,88466.64710-/133
Lambang Kabupaten Tabanan.png
Location Tabanan Regency.png
9Kota Denpasar-I Gusti Ngurah Jaya Negara127,78638.548416/27
Lambang Kota Denpasar (1).png
Sumber tambel di atas https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kabupaten_dan_kota_di_Bali

Riwayat Pulau Bali

Dari peta Bali kita dapat ketahui jika Pulau ini adalah provinsi di Indonesia yang berada di samping timur pulau Jawa. Selainnya pulau Bali sendiri, dari peta Bali kita bisa juga menyaksikan jika daerah Provinsi Bali terbagi dalam kepulauan kecil yang terletak menyebar disekitaran pulau Bali. Seperti Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Penida, Pulau Gempuran dan Pulau Nusa Ceningan. Beberapa pulau kecil itu populer sebagai tujuan beberapa pelancong.

Kelihatan dari peta Bali jika Pulau ini berada antara Pulau Lombok dan Pulau Jawa dengan ibukota Denpasar. Sebagian besar warga pulau Bali ialah penganut agama Hindu dengan Pura sebagai tempat ibadahnya. Untuk dunia pulau ini populer sebagai tujuan pariwisata yang mempunyai beragam kekhasan dari sisi seni dan budaya. Banyak pelancong asing yang suka berkunjung pulau ini khususnya pelancong Australia dan Jepang.

Pulau Bali sudah ditempati bangsa dari Austronesia dan Taiwan sekitaran tahun 2000 saat sebelum Masehi dengan migrasi melalui Maritime Asia Tenggara. Bahasa dan budaya dari orang Bali erat berkaitan dengan beberapa orang dari kepulauan Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Oseania. Beberapa alat batu yang dari periode itu sudah diketemukan di dusun Cekik barat pulau Bali.

Baca : Peta Dunia HD

Kesenian Tari Bali

Untuk beberapa pelancong kesenian Bali mempunyai kekhasan dan daya magnet tertentu. Pulau Dewata ini selalu memberi daya tariknya ke siapa yang tiba mendatanginya. Ada banyak jenis tipe tarian populer yang dari Bali diantaranya ialah:

  1.  Tari Pendet

Sebelumnya tari Pendet sebagai tipe tari penyembahan yang banyak dilaksanakan (dimainkan) di pura. Tarian ini sebagai simbol penyambutan atas turunnya beberapa dewa ke alam dunia. Bersamaan dengan perubahan zaman seniman Bali mengganti tarian Pendet jadi "perkataan selamat tiba". Tipe tarian ini dilaksanakan oleh beberapa gadis dengan skema gerak yang paling aktif.

    2. Tari Panji Semirang

Sebagai tarian tunggal yang memvisualisasikan pengembaraan dari lelaki yang dibuat oleh I Nyoman Kaler sekitaran tahun 1942. Tarian ini bercerita seorang putri raja yang namanya Galuh Candrakirana yang mengelana dengan menyaru jadi lelaki bernama Raden Panji. Tari Panji Semirang ditarikan oleh wanita dengan performa seperti lelaki.

    3. Tari Cenderung

Tipe tarian ini mempunyai durasi waktu yang panjang dan cukup susah untuk ditirukan (diragakan). Tari Cenderung terhitung tarian classic Bali dengan pergerakan yang paling kompleks yang memvisualisasikan abdi raja. Walau benar-benar susah untuk dimainkan tetapi tipe tarian yang ini paling disukai oleh pencinta seni tari.

    4. Tari Kecak

Pulau Bali rupanya bukan hanya menyuguhkan keelokan alamnya saja tetapi bermacam tipe budaya yang paling memesona. Satu diantaranya ialah kesenian tari Kecak yang memvisualisasikan narasi pewayangan terutamanya Ramayana.

Tari Kecak sebagai wujud kesenian tradisionil yang berbentuk seni sinetron tari ciri khas dari pulau Bali. Tarian ini di buat oleh seniman Bali Wayan Limbak bersama Walter Spies (pelukis Jerman) di tahun 1930.

Gamelan Bali

Seperti wilayah lain di Indonesia Bali mempunyai alat musik (gamelan) tertentu. Tetapi gamelan di Bali ini mempunyai ketidaksamaan sendiri bila dibanding dengan gamelan wilayah lain. Salah satunya ketidaksamaan itu ialah irama pada gamelan Bali dimainkan dengan irama yang cepat.

Rindik adalah alat musik tradisionil dari warga Bali yang dibuat dari beberapa potongan bambu opsi. Hingga membuat rindik ini tidak gampang pecah dan hasilkan suara yang baik. Langkah mainkan alat musik ini ialah dengan dipukul menggunakan alat tabuh secara ganti-gantian sampai hasilkan suara merdu.

Tradisi Kebudayaan Bali

Mayoritas warga Bali beragama Hindu, tetapi ini tidak punya pengaruh pada warga yang lain beragama selainnya Hindu. Bahkan juga mereka dapat hidup secara bersebelahan, rukun, sama-sama menghargakan dan bergotong-royong. Berikut beberapa macam upacara yang kerap dilaksanakan oleh warga Bali:

    1. Pernikahan

Seperti wilayah yang lain berada di Indonesia Bali mempunyai tradisi pernikahannya sendiri. Tradisi ini secara turun-temurun telah diturunkan dari zaman leluhur mereka. Untuk acara pernikahan ini ada banyak tipe upacara tradisi yang memang seharusnya dilalui,yakni:

Upacara Ngekep: Upacara penyiapan calon pengantin wanita dari periode remaja sampai jadi istri dan ibu rumah-tangga.

Mungkah Lawang (Membuka Pintu): Tradisi mengetok pintu rumah pengantin wanita sekitar 3x.

Masegehagung: Upacara selamat tiba dari pengantin pria ke calon mempelai wanita.

Madengen-dengen: Mempunyai tujuan untuk bersihkan diri (mensucikan) ke-2 calon pengantin dari elemen negatif.

Mewidhi Widana: Sebagai acara pembaruan dari pernikahan tradisi Bali.

Mejauman Ngabe Tipat Bantal: Upacara pamitan ke keluarga pengantin wanita karena sudah syah jadi keluarga besar suaminya.

Semua wujud upacara pernikahan tersebut sampai saat ini masih dilestarikan. Warga pulau Bali sejak dahulu sudah populer benar-benar patuh dan junjung tinggi nilai agama. Semuanya mereka mewujudkan dalam tingkah dan sikap sehari-hari.

    2. Upacara Potong Gigi

Upacara ini sebagai upacara yang harus dilaksanakan oleh pria dan wanita yang bergerak dewasa. Untuk wanita diikuti dengan hadirnya menstruasi dan untuk pria diikuti dengan membesarnya pita suara. Potong gigi ini cuma membereskan (mengikir) enam gigi rahang atas dengan arah untuk hilangkan 6 karakter jelek dalam diri seorang.

    3. Upacara Kematian

Warga pulau Bali selalu melangsungkan upacara kematian di saat ada famili (seorang) yang wafat. Upacara kematian ini populer bernama Ngaben yakni upacara pembakaran untuk orang yang wafat. Pokok dari upacara Ngaben ini untuk kembalikan arwah orang yang wafat (arwah nenek moyang) kembali lagi ke tempat asal.

Baca : Gambar Peta Jawa Timur

    Jumlah Warga Bali 2018

Pulau yang mempunyai panggilan sebagai Pulau Dewata ini rupanya makin tahun makin alami kenaikan jumlah warga yang paling berarti. Bahkan juga berdasar data paling akhir yang diterima jumlah warga pulau Bali capai 4,dua juta jiwa. Ini pasti bukan jumlah yang sedikit bila dibanding dalam jumlah sekian tahun lalu.

Tidaklah heran bila jumlah warga yang tinggal di pulau Bali dari tahun ke tahun semakin banyak. Belum juga ditambahkan dalam jumlah bayi yang lahir di sehari-harinya. Program Keluarga Merencanakan jadi opsi terbaik buat tunda pergerakan bertambahnya warga di pulau Bali ini.

Penutup

Memanglah tidak ada selesainya bila mengulas pulau Bali yang mempunyai semua keelokan alam ditambah lagi budayanya. Pulau yang simpan sejuta daya tarik dan mimpi beberapa orang untuk mendatanginya. Tidaklah heran bila pulau Dewata ini jadi sasaran beberapa pelancong lokal atau asing. Anda bisa ketahui beberapa titik lokasi rekreasi di Bali dengan menyaksikan peta Bali.

Sebagai Pulau yang cantik, Bali benar-benar disanjung oleh dunia khususnya pelancong Jepang dan Australia. Bali selalu memberi kesan-kesan yang spesial untuk siapa yang sempat mendatanginya. Ini pasti jadi kebanggaan sendiri untuk rakyat Indonesia karena mempunyai tempat rekreasi yang telah go-international.

GambarKeterangan
FormatCoreldraw X4+
Ukuran3,61 MB
ResolusiEditable
Rasio Aspek3:2
LisensiBebas digunakan
+ KreditSertakan Sumber
Sumbergoogle.com/maps
(ads2)
Dukung kami dengan share gambar keren ini ke media sosial kalian, support dari anda adalah penyemangat kami untuk terus berkarya dan menambah koleksi foto/gambar terbaru yang berkualitas tinggi.(alert-warning)
PERHATIAN! Jika gambar tidak bisa di download dan di buka atau tombol error, silahkan kirim komentar melalui kolom komen di bawah, Agar team kami dengan segera dapat mengupdate gambar ini.(alert-success)

Keyword Pencarian Gambar Terkait:

#gambar peta bali dan skalanya #gambar peta bali lengkap #cara menggambar peta bali #gambar pulau bali #sketsa peta pulau bali #legenda peta bali #peta bali wisata #download peta pulau bali #gambar peta bali lengkap #atlas pulau bali #cara menggambar pulau bali #map pulau bali #gambar provinsi bali #gambar peta pulau bali #luas bali #peta provinsi bali  #batas laut pulau bali dan nusa tenggara #luas pulau bali #gambaran pulau bali #gambar pulau bali #luas pulau bali dan nusa tenggara #peta pulau bali #kondisi geografis pulau bali dan nusa tenggara #pulau bali#peta bali

Tags